Cara Edit Data Rinci PTK Simpatika Tahun 2015/2016

Posted on

Cara Edit Data Rinci PTK Simpatika Tahun 2015/2016 – Data rinci PTK merupakan data diri dari PTK itu sendiri, baik nama, alamat, pas foto, data keluarga dll. Pada kesempatan kali ini admin akan share bagaimana Cara Edit Data Rinci PTK Simpatika Tahun 2015/2016.

Untuk melakukan edit data PTK Anda, misal mengubah Alamat atau data portofolio Anda, dapat dilakukan dengan mengikuti panduan singkat berikut :

1. Buka layanan padamu http://simpatika.kemenag.go.id/ dan pilih Login PTK/Admin.
2. Isikan userID dan Password Akun PTK Anda dengan benar, selanjutnya pilih layanan PTK.

3. Pilih data yang akan Anda edit, pilih Biodata untuk edit biodata diri Anda.

4. Akan ditampilkan Biodata diri Anda, klik ikon pensil seperti gambar dibawah ini untuk mengedit biodata Anda.

 5. Untuk mengisi atau mengubah Data Keluarga, misal mengisi data suami/istri dan anak, klik menu Keluarga. Selanjutnya isi data yang diperlukan, perhatikan gambar berikut.

6. Untuk mengisi / mengubah Riwayat Kepegawaian Anda, Pilih menu Pendidikan >> Riwayat Pegawai.

7. Isi data / ubah data yang dibutuhkan dengan klik seperti pada gambar di atas. Dan pastikan klik Simpan Perubahan Data untuk menyimpan data yang telah Anda tambahkan / Anda ubah.

8. Untuk menambah maupun mengubah Riwayat Pendidikan Anda, pilih menu Pendidikan >> Riwayat Pendidikan.

9. Klik tombol tambah (+) seperti gambar diatas untuk menambah riwayat pendidikan Anda. Selanjutnya lengkapi data riwayat pendidikan Anda, klik Tambahkan jika telah sesuai.

10. Untuk mengubah Riwayat SK Penugasan sebagai Guru (bukan SK Mengajar) dari awal / Tanggal Mulai Tugas (TMT)  sebagai guru, pilih menu Pendidikan >> Fungsi & Jabatan. Isi data dengan benar, jika sudah sesuai klik Simpan Perubahan. (harap diisi dengan SK PERTAMA KALI Anda ditugaskan sebagai Pendidik / Guru).

11. Untuk mengisi / mengubah Mata pelajaran yang Anda ampu saat ini, pada menu Pendidikan >> Fungsi & Jabatan, pada kolom Pendidik (Guru) Klik seperti pada gambar di bawah ini, selanjutnya isikan Mapel yang sesuai.

 

 12. Untuk saat ini, pengisian Jabatan Tambahan (sebagai wakasek, kepala prodi, kepala perpus, dll) dilakukan langsung oleh PTK / Guru yang bersangkutan.  Pilih menu Pendidikan >> Fungsi & Jabatan, pada kolom Jabatan Tambahan, klik tombol tambah seperti gambar dibawah ini untuk mengisi Riwayat SK Jabatan Tambahan yang pernah diterima, mulai dari awal hingga paling akhir (Untuk saat ini harap diisi dengan SK Jabatan Tambahan YANG MASIH AKTIF dijabat).

13. Isi data Jabatan Tambahan yang sesuai, selanjutnya klik Tambahkan.

14. Untuk melihat Riwayat Mengajar Anda pada semester yang telah lalu maupun pada semester berjalan, silakan menuju ke menu Karir>> Riwayat Mengajar. Sedangkan untuk pengisiannya akan dicatat otomatis oleh sistem berdasarkan isian Jadwal Kelas Mingguan.
Baca : Cara Membuat Jadwal Kelas Mingguan

15. Untuk melihat Riwayat Sertifikasi Guru, Silakan menuju menu Diklat & Sertifikasi. Pemutakhiran Sertifikasi Guru mulai periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 akan dicatat otomatis oleh sistem berdasarkan VerVal NRG.

16. Untuk menambahkan Riwayat PKB dan Tugas Tambahan, pada menu Diklat & Sertifikasi, isikan Riwayat PKB dan Tugas Tambahan Anda pada kolom Riwayat PKB dan Tugas Tambahan dengan cara klik tombol tambah (+)dan isikan data yang sesuai dengan piagam yang Anda miliki.

17. Untuk mengajukan Pengawas Pembina, silakan pilih menu Pengawas Pembina. Klik untuk melihat detil Panduan Cetak Surat Ajuan Anggota Binaan Pengawas (dari Guru).

18. Perhatian!! Pastikan Anda melakukan Ajuan Perubahan Data dengan klik tombol Jadikan Permanen  setiap Anda melakukan perubahan data rinci pada Portofolio Anda.

19. Pada notifikasi yang muncul, Periksa kembali Perubahan Data yang telah Anda lakukan. Jika masih terdapat kesalahan, pilih batal dan benahi data yang salah tersebut, namun jika sudah sesuai klik Setuju & Cetak Ajuan.

20. Serahkan SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA RINCI PTK (S12a)  tersebut kepada Admin Mapenda/Dinas setempat untuk Disetujui Ajuan Perubahan data rinci Anda.

Demikian panduan lengkap Cara Edit Data Rinci PTK Simpatika Tahun 2015/2016, semoga bermanfaat.

sumber : http://bantuan.siap-online.com

2 thoughts on “Cara Edit Data Rinci PTK Simpatika Tahun 2015/2016

  1. SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA RINCI PTK (S12a) tersebut sudah Kita Serahkan kepada Admin Dinas setempat untuk Disetujui Ajuan Perubahan data rinci Anda.
    tapi dinas ngk mau proses dengan alasan padamu negeri sudah tutup
    jadi kita serahkan kemana lagi S12a ( khusus untuk perubahan biodata guru PAI di Sekolah UmUm )

    1. untuk sekolah umum kurang begitu paham saya pak, memang padamu negeri sudah ditutup. Seandainya PTK guru PAI di sekolah umum diintegrasikan dengan Kemenag mungkin lebih bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.