Cara Daftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2015 Serta Jadwal Pelaksanaannya

Posted on

Cara Daftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP)  – Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan bahwa Ujian Nasional Perbaikan merupakan pilihan (tidak wajib) bagi peserta UN tahun 2015 yang telah lulus dari satuan pendidikan pada jenjang SMA/MA/ SMAK/SMTK, SMK/MAK, dan Program Paket C yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima) pada mata ujian tertentu.

Bagi yang ingin mengikuti ujian perbaikan tersebut berikut cara melakukan pendaftaran agar dapat mengikuti Ujian

 Mekanisme Pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan (UNP)

a. Calon peserta mendaftar secara daring (online) di website dengan alamat http://unp.kemdikbud.go.id

b. Calon peserta melakukan registrasi/pendaftaran dengan nomor peserta UN 2015 dan tanggal lahir seperti yang tertera pada kartu peserta UN 2015.

c. Calon peserta memilih mata ujian yang akan ditempuh.

d. Calon peserta memilih Provinsi lokasi tempat ujian (Provinsi sekolah asal atau Provinsi domisili saat ini).

e. Calon peserta akan menerima notifikasi verifikasi pendaftaran dari panitia yang dikirim melalui email yang dicantumkan dan/atau dengan mengunduh bukti pendaftaran.

f. Calon peserta menerima bukti pendaftaran yang berisi nomor pendaftaran antara lain; kode pengguna (user name), kata sandi (password), identitas peserta ujian, mata ujian yang akan ditempuh, dan Provinsi tempat ujian.

g. Calon peserta melakukan login ulang menggunakan username dan password yang terdapat di bukti pendaftaran untuk memperbaiki data sebagai peserta, mencentang form komitmen keikutsertaan dalam UNP, dan memperoleh informasi selanjutnya mengenai UNP 2015.

wimaogawa.blogspot.com

h. Panitia Pelaksana UN Tingkat Provinsi menetapkan satuan pendidikan tempat ujian nasional perbaikan berdasar usulan Panitia Pelaksana UN Tingkat Kabupaten/Kota yang dinyatakan siap melaksanakan ujian perbaikan berbasis komputer.

i. Peserta menentukan tempat ujian berdasar tempat ujian yang dinyatakan siap oleh Panitia Provinsi.

j. Panitia Pelaksana UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota menetapkan tempat dan jadwal ujian untuk masing-masing peserta dengan mempertimbangkan pilihan peserta.

k. Panitia Pelaksana UN Tingkat Pusat mengumumkan Daftar Peserta UNP secara nasional.

l. Calon peserta mencetak kartu peserta ujian yang berisi nomer peserta UNP 2015, identitas peserta, jadwal dan lokasi ujian.

m. Peserta melapor diri kepada panitia pelaksana UNP di tempat ujian paling lambat tanggal 10 Februari 2016 dengan membawa kartu peserta UNP, pas foto ukuran 3×4 cm (3 lembar), SHUN 2015 atau surat keterangan tentang hasil UN dari satuan pendidikan bagi peserta yang belum menerima SHUN, dan
Ijazah atau surat keterangan lulus dari satuan pendidikan beserta fotocopy nya masing-masing (SHUN dan Ijazah) .

n. Peserta dapat melakukan latihan ujian di tempat ujian antara tanggal 1 sampai dengan 13 Februari 2016.

Perlu diperhatikan bahwa edit data tidak bisa dilakukan setelah tanggal 11 Desember 2015, untuk itu isi data dengan isian yang benar.
Data yang dapat diedit antara lain : Password, Alamat E-mail, Nomor Telepon, Lokasi Ujian, Mata ujian dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan 

 

Jadwal diatas sudah disesuiakan dengan pedoman/surat edaran BKN Nomor 0062/SDAR/BSNP/IX/2015 tentang Ujian Perbaikan Nasional Tahun 2015.
Baca :
Surat Edaran BSNP Tentang Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2015

Demikian informasi terkait Cara Daftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2015 Serta Jadwal Pelaksanaannya, semoga bermanfaat.

35 thoughts on “Cara Daftar Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2015 Serta Jadwal Pelaksanaannya

  1. mungkin saja,,,ketika pendaftaran passwordnya lupa di copas atau memng passwordnya hilang satu hurufnya,,,untuk mmperbaikinya,,silahkn login dng password yg ada kemudian lihat jumlah nilai UN nantinya akan di minta ktika mmbuat password baru

    selamat mencoba

    1. saya mau tanya
      saya sudah mendaftar unp tapi saya lupa pasword ny lalu saya mencoba klik lupa pasword dn disruh mengisi jumlah nilai un
      lalu saya coba jumlahkan nilai un saya tapi tidak bisa

      Mohon bantuannya

  2. kok sy buka akun saya ada keterngan bgini :Silahkan Memilih Kota/kab tempat ujian. Jika Kota/kab tidak ada dalam pilihan berarti Kota/Kabupaten tersebut tidak ada penyelenggara UN Perbaikan. Silahkan memilih Kota/Kabupaten lain.
    cara memilih kabupaten lauin gmna ya?

  3. Maaf nih sebelumnya aku mau nanya ujian ulng untuk tingkay smp masih di buka atau enggak soalnya aku pengen ujian ulang tapi baru sekrang liat postingannya..
    Mohon bantuannya..
    Makasih.

  4. saya udah daftar di kemdikbud tapi saya lupa username sama password, padahal sudah saya simpan tapi warnetnya ngeblank jadi semua persyaratan unp yang saya simpan hilang gimana donk tolong di bantu jika ada yang tau?

    1. Silahkan masuk ke menu login, trus klik "lupa password", masukkan data data yang diminta.
      Selanjutnya cek e-mail yang dipakai waktu pendaftaran, kalau belum muncul tunggu, cek spam juga karena bisa jadi masuk ke sana

  5. Kak saya mau bertanya , saya kan daftar unp terus di suruh nunggu konfirmasi email selama 1×24 jam tapi sampai sekarang konfirmasi nya belum ada , kenapa ya kak ? Terimakasih

  6. Saya mau nanya, cara download ulang kartu bukti pendaftarannya gimana ya? Saya udh download tp file nya hilang,saya coba logn in lg tp tdk bisa di download. Tp saya sudah capture password dan unsernamenya. Apakah kartu pendaftaran diperlukan pd saat ujian nanti? Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *