Cara Daftar Program Guru Garis Depan (GGD) Beserta Persyaratannya

Posted on

Cara Daftar Program Guru Garis Depan (GGD) – Guru Garis Depan merupakan program pemerintah yang didukung oleh Kemristekdikti, Kemdikbud, dan KemenPANRB. Berawal tahun 2011 saat Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidkan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan mekanisme pengawalan guru profesional melalui Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Sehingga untuk mendaftar Guru Garis Depan (GGD) harus melalui rangkaian SM-3T sebagai bagian dari Program Kemristekdikti dalam menyiapkan guru profesioanl lewat LPTK dan program profesi guru. Kemdikbud yang bertanggungjawab pada jenjang karir para guru tersebut akan terus berkontribusi dalam program pembinaan guru garis depan.

Tanggung jawab mengawal guru berada pada lapisan Pendidikan Tinggi, terutama dari kampus berlabel Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau LPTK. Ke depan, Kemristekdikti akan tetap terus mempersiapkan calon-calon guru untuk kebutuhan hari mendatang, melalui reformasi LPTK. Ikhtiar ini dimulai dari proses penerimaan calon mahasiswa ilmu keguruan, revitalisasi kurikulum, dan program pendidikan guru berasrama.

wimaogawa.blogspot.com

Angkatan pertama yang diberangkatkan sebanyak 798 guru. Kenapa harus ada dan dilakukan program ini? Kita tahu semuanya, negara kita ada lebih dari 17 ribu pulau. Pulau besar, sedang, maupun kecil. Kita juga mempunyai daerah-daerah yang terpencil, daerah-daerah perbatasan, kabupaten-kabupaten yang memerlukan pendidikan, pendidik, guru, daerah, ke Dompu, ke Merauke, perbatasan di Entikong, di Pulau Sebatik.

Jika ditotal sebagai PNS dan tunjangan, penghasilan guru GGD bisa mencapai 8 juta/Bulan bahkan bisa lebih. Memang daerah-daerah tadi memerlukan guru, pendidik untuk anak-anak kita. Ini adalah angkatan pertama, dan akan kita lihat perkembangan selanjutnya. Apabila kebutuhan itu memang sangat diperlukan, dan saya melihat sangat diperlukan, akan disusul dengan angkatan yang berikutnya. Angkatan kedua, ketiga, keempat, dan selanjutnya.

Cara Daftar Program Guru Garis Depan (GGD)

  1.  Harus Lulusan dari LPTK
  2.  Mengikuti Seleksi Program SM-3T (administrasi, tes online, wawancara, prakondisi)
  3.  Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T (Terdepan, terluar dan tertinggal/pedalaman)
  4.  Mengikuti program PPG Pasca SM-3T berasrama selama 1 tahun
  5.  Lulus Tes UTL dan UTN (dibuktikan dengan sertifikat pendidik)
  6.  Tes CPNS formasi khusus SM-3T
  7.  Dinobatkan sebagai Guru Garis Depan/GGD

Demikian informasi seputar Cara Daftar Program Guru Garis Depan (GGD), semoga bisa menjadi referensi para guru di Indonesia.

5 thoughts on “Cara Daftar Program Guru Garis Depan (GGD) Beserta Persyaratannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.