Buku Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP

Posted on
Buku Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 – Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 memenuhi kedua dimensi tersebut.
Buku Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP

Buku Panduan Penyusunan KTSP 

Materi penyusunan KTSP berbasis kurikulum 2013 terdiri atas beberapa bagian, yaitu 1) Latar belakang pengembangan kurikulum, meliputi: konsep kurikulum, rasional pengembangan, karakteristik kurikulum, dan kerangka dasar kurikulum. 2) Tujuan, meliputi: tujuan pengembangan, tujuan pendidikan, visi dan misi, dan tujuan SMP. 3) Struktur dan muatan kurikulum, meliputi: struktur kurikulum, mata pelajaran, beban belajar, mulok, ekstrakurikuler, dan pembiasaan. 4) Pelaksanaan, meliputi: sistem paket/sks, pembelajaran, bimbingan dan konseling, penilaian hasil belajar, penilaian hasil belajar, peminatan, dan pendidikan kepramukaan. 5) Lampiran, meliputi: kalender akademik, pembagian tugas guru, tata tertib guru dan siswa, contoh model silabus, dan contoh RPP.

Kurikulum KTSP 2006 pdf

Kurikulum 2013 dilakukan penguatan tata kelola sebagai berikut.
a. Penguatan tata kerja guru lebih bersifat kolaboratif;
b. Penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader); dan
c. Penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran.
Tujuan KTSP
KTSP memberi luang kepada pihak sekolah dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan mengenai pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
Struktur Kurikulum
1. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMP/MTs pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

 

Kurikulum KTSP SMP download pdf

Lebih lanjut silahkan download Buku Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP melalui link di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *