Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015

Posted on

Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015 – Aplikasi Dapodikmen merupakan penyatuan Aplikasi Pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah dengan arah requirement sistem lebih besar (penyatuan database, user interface dan sinkronisasi). Data hasil sinkronisasi dari PAS SMA, PAS SMK dan PAS SMLB ke server Dapodikmen tahun 2013 dimigrasikan ke server Dapodikmen yang baru. Data prefill adalah hasil generate/package dari data di server Dapodikmen baru.

Jika Sekolah sudah melakukansinkronisasi data dari PAS ke server Dapodikmen, maka data prefill akan berisi data terakhir hasil sinkron dari PAS dan tinggal melakukan ubah/update data. Namun bagi Sekolah yang belum melakukan sinkronisasi data dari PAS ke server Dapodikmen hanya akan mendapatkan prefill yang memuat data identitas sekolah saja dan melakukan input data dari awal di Aplikasi Dapodikmen.
Baca juga : Cara Cara Login Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen
 

wimaogawa.blogspot.com

Untuk setiap sekolah disarankan Aplikasi Dapodikmen hanya diinstall pada satu komputer (server). Input data dapat dilakukan secara bersamaan dalam konfigurasi Client – Server. Untuk mendukung operasional Daapodikmen maka Kepala Sekolah dapat menerbitkan SK penugasan kepada PTK menjadi operator di sekolah, dimana SK tersebut selanjutnya didaftarkan ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP). Dengan SK penugasan tersebut operator dapat melakukan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan.

Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015

Buku panduan ini disusun dalam rangka mempermudah para Operator Dapodikmen untuk menjalankan dan melengkapi data pada Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.4. Buku panduan ini berisikan petunjuk dan pedoman mengenai tata cara  pengisian data, alur entri data, dan prosedur melakukan proses transaksional serta periodikal secara lengkap. Buku panduan ini juga telah menjabarkan secara lengkap tata cara pembentukan rombongan belajar yang beragam serta pengisian menu pembelajaran untuk SMA/SMK/SMLB.

Penyempurnaan Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.4 bertujuan untuk mendukung pencapaian target mengenai kualitas kelengkapan data Dapodikmen menjadi 100%. Pada aplikasi Dapodikmen versi 8.1.4 telah dilakukan pengembangan dan penambahan fitur-fitur yang cukup signifikan. Hal tersebut dilihat dari sisi aplikasi yang memiliki tampilan lebih atraktif  dengan beberapa tambahkan fitur-fitur baru pada beranda dan output untuk pemanfaatan data di Sekolah.

Dalam panduan ini dimuat juga terkait Program Indonesia Pintar (PIP) serta proses validasinya. Selain itu juga banyak sekali disertakan kumpulan pertanyaan  dari masalah-masalah yang sering dihadapi sekolah dan telah dilengkapi dengan jawaban dan solusi. Tidak lupa juga disertakan berbagi tips dan trik yang dapat dimanfaatkan operator sekolah untuk membantu dan mempermudah dalam menjalankan Aplikasi Dapodikmen 8.1.4.

Selengkapnya download Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015 melalui link di bawah ini :
Download Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015

Demikian informasi seputar Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *