Buku Manual Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 (TP 2016/2017)

Posted on
Buku Manual Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini dapat Bapak/Ibu gunakan sebagai pegangan dalam proses instalasi aplikasi Dapodik 2016. Jadi, bisa dikatakan buku ini sudah berisi semua informasi dapodik seperti informasi apa itu kode registrasi, data prefill, langkah instalasi, spesifikasi hardware pc/laptop, dll.
Sekedar informasi saja bahwa sistem pendataan Dapodik 2016 dikenal dengan nama DAPODIKDASMEN (Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah). Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan pendataan yang terintegrasi ini dilakukan dengan membangun mekanisme dan aplikasi pendataan melalui satu pintu.
Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini dikemas dalam bentuk installer yang dapat digunakan oleh semua jenjang pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB).
Otoritas data pengguna (username dan password) dan penambahan data PTK baru pada Aplikasi Dapodik telah diberikan pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sehingga jika terdapat pergantian operator sekolah dan/atau tambah PTK Baru, maka sekolah harus melapor dan berkoordinasi pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Data pengguna akan digunakan saat mengunduh data prefill dan proses registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016.
Buku Manual Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 (TP 2016/2017

Buku Manual Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 (TP 2016/2017

Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan dengan tranformasi tampilan baru yang lebih berwarna dari tampilan Aplikasi generasi sebelumnya. Menu Aplikasi yang sebelumnya terletak di atas kini disajikan di sisi kiri aplikasi serta jika diperlukan menu ini dapat disembunyikan. Sekolah juga dapat menampilkan foto sekolah dan operator sekolah melalui pengaturan menu profil pengguna.

Nah, sebagai landasan dalam pengerjaan Dapodik tahun 2016/2017, silahkan unduh Buku Manual Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 (TP 2016/2017 disini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.