Buku Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat

Posted on
Kemitraan pendidikan adalah kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat yang berlandaskan pada asas gotong royong, kesamaan kedudukan, saling percaya, saling menghormati, dan kesediaan untuk berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan budaya prestasi peserta didik. Untuk itu dibuatlah sebuah Buku Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat agar tercipta suasana yang kondusif.
Orang tua adalah pendidik utama dan terpenting, namun juga yang paling tak tersiapkan.  Pasalnya, mereka harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan anak-anak mereka dalam kondisi positif. Selama ini, jika berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru. 
Sementara orang tua seperti diabaikan dalam pendidikan. 
Padahal, orang tua memiliki peran sangat besar dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga. Banyak penelitian menunjukan bahwa keterlibatan orang tua di sekolah bermanfaat, antara lain: (1) bagi peserta didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan perilaku positif; (2) bagi orang tua memperbaiki pandangan terhadap sekolah, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat hubungan dengan anak; dan (3) bagi sekolah memperbaiki iklim sekolah, meningkatkan kualitas sekolah, dan mengurangi masalah kedisiplinan (detail lebih lengkap 
sila lihat di infografis 1.1). 
Buku Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat
Program kemitraan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan keselarasan program pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan yang kondusif untuk menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi pada peserta didik. 
Dampak Pelibatan Keluarga dalam Pendidikan Anak
1. Meningkakan prestasi akademik anak
2. Meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak
3. Meningkatkan kehadiran siswa di sekolah
4. Mengurangi perilaku disruptif anak
5. Meningkatkan kepercayaan diri orang tua
6. Meningkatkan kepuasan orang tua terhadap sekolah
7. Orang tua merasa berhasil
8. Meningkatkan ekspektasi orang tua pada anak
9. Meningkatkan kebiasaan belajar anak
10. Meningkatkan keinginan anak untuk melanjutkan sekolah
11. Meningkatkan kecenderungan orang tua melanjutkan pendidikan
12. Sikap dan perilaku anak yang lebih positif
13. Meningkatkan moral guru
14. Mendukung iklim sekolah yang lebih baik
15. Mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan
Silahkan unduh dan jangan lupa bagikan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *