Berkas Kelengkapan Peserta PLPG Tahun 2015

Posted on

Berkas Kelengkapan Peserta PLPG Tahun 2015 – Apa itu PLPG? PLPG singkatan dari Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru. PLPG ini diadakan bagi guru yang sudah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan profesi (sertifikasi) agar dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai pengganti diharapkan. PLPG sendiri hadir sebagai ganti dari porptofolio yang dinilai kurang maksimal dalam menjaring guru agar lulus sertifikasi.

Pada dasarnya semua materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi peserta, namun ada satu materi yang berbeda dan merupakan teknik yang baru pada pelaksanaan pembelajaran di kelas yaitu Model pembelajaran PAKEM, dan Pemanfaatan Media Belajar, serta Pembuatan RPP yang baik dan benar. Ada banyak model atau strategi yang dikembangkan oleh para ahli dalam usaha untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa, diantaranya pembelajaran Kontekstual, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Quantum, Model Pembelajaran Terpadu, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL).

Materi dalam PLPG yang dipelajari antara lain Pengertian Media Pembelajaran, berbagai macam bentuk media pembelajaran seperti; media Visual, Media Audio, Media Audio Visual, Multimedia, pengembangan media sederhana, cara pemilihan media dan penggunaaan media dalam pembelajaran.
Yang lebih khusus lagi bahwa materi PLPG disesuaikan dengan pelajaran yang diampuh. Itupun masih tergantung dari narasumbernya karena setiap narasumber menyampaikan materi dari sudut pandang yang bermacam-macam.

wimaogawa.blogspot.com

Berikut adalah Berkas Kelengkapan Peserta PLPG Tahun 2015

1. Biodata Format A1(didapat dari dinas)
2. Fotocopy Ijazah S-1 dan Akta IV serta Ijazah S2 legalisir Perguruan Tinggi
3. Fotocopy SK mengajar 5 Tahun terakhir berturut2 legalisir Kepsek masing2
4. Fotocopy SK Pangkat /Golongan di Legalisir Badan Kepegawaian Daerah ( BKD )
5. Fotocopy SK Awal s/d Terakhir dilegalisir Badan Kepegawaian Daerah ( BKD )
6. Pas Photo 3×4 warna , sebanyak 4 lembar
7. Kartu NUPTK terbaru
8. Surat Ijin Belajar ( bagi yang menempuh pendidikan pada saat sudah CPNS/PNS )

Lain-lain :

  • Membawa Contoh RPP / kurikulum K13
  • Membawa Buku Pelajaran ( Literatur yg Relevan )
  • Laptop / Note book
  • ATK (lengkap)
  • Baju dan celana Putih Hitam ( untuk keperluan pembukaan dan penutupan )
  • Kaos Olahraga ( Training lengkap )

Demikian informasi terkait Berkas Kelengkapan Peserta PLPG Tahun 2015, semoga informasi ini berguna bagi calon peserta PLPG 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *