Informasi Pengadaan ASN Pusat dan Daerah 2019, Surat Menteri PANRB Nomor : B/617/M.SM.01.00/2019

Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB pada tanggal 17 Mei 2019 telah menerbitkan surat edaran perihal Pengadaan ASN 2019 bernomor surat B/617/M.SM.01.00/2019. Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB pada tanggal 17 Mei 2019 telah menerbitkan surat edaran perihal Pengadaan ASN 2019 bernomor surat B/617/M.SM.01.00/2019. Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB pada tanggal 17 Mei 2019 telah menerbitkan surat edaran perihal Pengadaan ASN 2019 bernomor surat B/617/M.SM.01.00/2019.

Yang dimaksud Pengadaan ASN 2019 pada surat edaran tersebut adalah pengadaan CPNS Tahun 2019 dan Pengadaan PPPK Tahap II Tahun 2019.

Berikut adalah isi dari Informasi Pengadaan ASN Pusat dan Daerah berdasarkan Surat Menteri PANRB Nomor : B/617/M.SM.01.00/2019

Bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 dinyatakan bahwa setiap instansi Pusat dan Daerah wajib melaksanakan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja yang hasilnya ditetapkan dalam dokumen Peta Jabatan, yang antara lain berisi kebutuhan ASN untuk 5 (lima) tahun, dan diperinci untuk setiap tahun.

Download Surat Menteri PANRB Nomor : B/617/M.SM.01.00/2019 Tentang Pengadaan ASN Tahun 2019 : Download Disini

Dokumen Peta Jabatan dimaksud ditetapkan oieh Pejabat Pembina Kepegawaian yang selanjutnya secara teknis diinput ke dalam aplikasi e-Formasi paling lambat akhir Mei 2019.

Menindaklanjuti ketentuan tersebut di atas, Menteri PANRB telah menetapkan Keputusan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun Anggaran 2019.

Keputusan Menteri PANRB tersebut secara bertahap dalam rangka memenuhi kebutuhan ASN guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien.

Khusus untuk Pemerintah Daerah, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 harus memperhatikan ketersediaan anggaran dalam APBD dengan prinsip zero growth, kecuali untuk pemenuhan ASN bidang pelayanan dasar.

Penyampaian usulan untuk jabatan pelaksana harus berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 41 Tahun 2018 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana.

Dan Penyampaian usulan untuk jabatan fungsional diprioritaskan pada jenjang ahli pertama, terampil, serta masih dimungkinkan untuk jenjang pemula.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan usulan kebutuhan formasi sebagai berikut:

  1. Pemerintah Pusat

Usulan kebutuhan berdasarkan peta jabatan yang telah ditetapkan oleh PPK (dilampirkan), dan jumlah PNS yang memasuki Batas Usia Pensiun tahun 2019, serta kesediaan anggaran untuk latsar bagi CPNS, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Alokasi untuk CPNS 50% dan PPPK 50% diprioritaskan untuk satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawat baru.

b. Instansi dapat mengusulkan kebutuhan jabatan fungsional yang dapat diisi dad PPPK dengan memberi kesempatan kepada pegawai non PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus menerus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  1. Pemerintah Daerah

Usulan kebutuhan berdasarkan peta jabatan yang telah ditetapkan oleh PPK (dilampirkan), dan memperhatikan jumlah PNS yang memasuki Batas Usia Pensiun tahun 2019, rasio jumlah penduduk dengan PNS, luas wilayah serta melampirkan surat pemyataan kesediaan anggaran gaji dan latsar bagi CPNS, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Alokasi CPNS 30% dan PPPK 70% diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan/unit kerja di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar dengan memberi kesempatan kepada pegawai non PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus menerus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

b. Diutamakan bagi satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru.

Data usulan kebutuhan yang telah diinput ke dalam aplikasi e-Formasi agar dicetak dan disampaikan secara resmi kepada Menteri PANRB dan Kepala BKN dengan cara diunggah dalam format file pdf pada menu “unggah usulan formasi” yang terdapat dalam aplikasi e-Formasi, paling lambat minggu ke-2 bulan Juni 2019.

Dalam surat tersebut Menpan menegaskan bahwa jika PPK Pusat / Daerah belum menyampaikan usulan sampai dengan minggu ke-2 bulan Juni 2019, maka dinyatakan K/L/Pemda tersebut tidak melaksanakan pengadaan ASN Tahun 2019.

Download Surat Menteri PANRB Nomor : B/617/M.SM.01.00/2019 Tentang Pengadaan ASN Tahun 2019 : Download Disini

Lihat Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS Periode 2 Tahun 2017

Bagi yang sudah lolos administrasi, selanjutnya adalah melaksanakan Seleksi Tes Kemampuan Dasar (SKD) dengan lokais yang sudah ditentukan.

Sudah tahu kah lokasi serta Jadwal Tes SKD rekan-rekan sekalian?

Berikut ini kami bagikan informasi mengenai Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS Periode 2 Tahun 2017.

Seperti informasi awal bahwa pada rekrutmen CPNS Periode 2 ini mencakup banyak Kementerian/Lembaga/Instansi Pemerintah serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (K/L.
Bagi peserta yang akan mengikuti tes SKD CPNS Periode II ini diharapkan selalu update informasi secara berkala terkait jadwal dan lokasi Tes. Informasi tersebut dapat bersumber dari web SSCN maupun akun medsos Kementerian yang Bersangkutan.
Disarankan pula untuk datang 60 menit sebelum pelaksanaan SKD, karena bagi yang tidak hadir tepat waktu dinyatakan gugur.
Adapun [eserta diwajibkan membawa KTP, bukti kelulusan seleksi administrasi dan kartu tanda peserta ujian SKD.

 

Berikut Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS Periode 2 Tahun 2017

1. Jadwal di Kantor Pusat BKN dan kantor Regional (Kanreg) BKN

2. Jadwal di UPT BKN
3. Jadwal di Lokasi Mandiri Provinsi

4. Sesi SKD
Demikian informasi mengenai Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS Periode 2 Tahun 2017, semoga bermanfaat.

Pengumuman Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Periode 2 Per Instansi

Bagi rekan-rekan yang telah melakukan registrasi secara online di Penerimaan CPNS 2017 Periode 2, tentu sedang menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi.
Pada awal bulan lalu, Pemerintah secara resmi telah membuka seleksi CPNS untuk 17.982 formasi pada 60 Kementerian/Lembaga dan 1 Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang masuk pada seleksi CPNS Periode 2. Kabar baiknya, beberapa instansi Pemerintah membuka lowongan CPNS dengan kuota 1000 lebih.
Seleksi CPNS tersebut, secara resmi dibuka antara tanggal 11 September 2017 sampai dengan tanggal 25 September 2017.  Dan di tanggal 30 September 2017 kemarin, Pemerintah secara resmi telah mengumumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Periode 2.
Pengumuman Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Periode 2 Per Instansi

Untuk masing-masing instansi dalam merilis pengumuman tidaklah sama, namun di awal bulan Oktober ini instansi sudah mulai membuka pengumuman tersebut.Sebagai contoh adalah Kemensetneg dan Kemenlu. 2 Kementerian ini sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi. Untuk Kementerian Keuangan sendiri baru mengumumkan seleksi CPNS pada tanggal 3 Oktober mendatang.

Bagi yang lulus seleksi administrasi, silahkan download Contoh Soal SKD / TKD CPNS 2017

Pengumuman Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Periode 2 Per Instansi

Berikut ini adalah informasi Pengumuman Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Periode 2 Per Instansi yang sudah rilis sejak 30 September 2017 pukul 16.40 WIB.
 
 1. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Badan Kepegawaian Negara (BKN)
– Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS BKN disini [Download File]
– Cetak Kartu Peserta Ujian pada 2-6 September 2017 di https://sscn.bkn go.id2. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan / Basarnas
– Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Basarnas [Download File]
3. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
– Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi [Download File

4. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Kementerian Koordinator Bidang Maritim
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS  Kementerian Koordinator Bidang Maritim [Download File]

5. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS  Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan [Download File]

6. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Lembaga Sandi Negara
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Lembaga Sandi Negara [Download File]

7. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional [Download File]

8. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Sekretariat Mahkamah Konstitusi
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNSSekretariat Mahkamah Konstitusi [Download File]

9. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Kementerian Sekretariat Negara
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Sekretariat Negara [Download File]

10. Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Kementerian Sekretariat Kabinet (Setkab)
– Download Pengumuman  Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS Periode 2 Tahun 2017 Kementerian Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP) PIP [Download File]

11. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional [Download File]

12. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Agama
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Agama [Download File]

14. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) [Download File]

15. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Ekonomi Kreatif

–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Ekonomi Kreatif [Download File]

16. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Informasi Geospasial 
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNSBadan Informasi Geospasial [Download File]

17. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Keamanan Laut
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Keamanan Laut [Download File]

18. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Meteorologi,Klimatologi & Geofisika
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Meteorologi,Klimatologi & Geofisika [Download File]

19. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme[Download File]

20. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan [Download File]

21. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI [Download File]

22. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan [Download File]

23. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi [Download File]

24. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Badan Tenaga Nuklir Nasional

–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional [Download File]

25. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Badan Usaha Milik Negara

–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara [Download File]

26. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah [Download File]

27. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017  Kementerian Luar Negeri

–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Luar Negeri[Download File]

28. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Pemuda dan Olahraga
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Pemuda dan Olahraga [Download File]

29. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Perdagangan
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Perdagangan[Download File]

30. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Kementerian Pertanian
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Pertanian[Download File]

31. Pengumuman Kelulusan atau Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
–  Download Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia [Download File]

Silahkan cek nama Anda di masing-masing instansi sesuai dengan registrasi CPNS yang sudah dilakukan.

Demikian informasi mengenai Pengumuman Lulus Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2017 Periode 2 Per Instansi, semoga bermanfaat.

Download Contoh Soal SKD / TKD CPNS 2017 (Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi)

Bagi yang sudah melakukan registrasi CPNS 2017 dan dinyatakan lolos untuk tahap seleksi administrasi, maka selanjutnya adalah melaksanakan Tes Kompetensi Dasar  (TKD) atau yang sekarang dikenal dengan istilah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan salah satu poin yang tertuang dalam Permenpan RB nomor 20 tahun 2017. Adapun seleksi / tes yang dimaksud meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Download Contoh Soal SKD / TKD CPNS 2017 (Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi)
Download Contoh Soal SKD / TKD CPNS 2017 (Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi)

Memahami Apa itu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Di tahun 2017 ini Pemerintah membuka seleksi CPNS umum secara besar-besaran secara bertahap, yakni periode I (1 Agustus – 31 Agustus 2017) dan periode II (11-25 September 2017).
Nah, bagi yang sudah lolos sampai tahap seleksi administrasi, maka pelamar CPNS akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dimana seleksi ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni :
1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

A. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2017
Mungkin  tes ini sudah familir dengan rekan-rekan pelamar CPNS. Apa itu Tes Wawasan Kebangsaan ? Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2017 merupakan tes untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan
mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia
yang meliputi:
a) Pancasila;
b) Undang-Undang Dasar 1945;
c) Bhinneka
Tunggal Ika; dan
d) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata
Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia
dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia
secara baik dan benar).

B. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS 2017
Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS 2017

Yang berikutnya adalah Tes Intelegensi Umum (TIU). Ini merupakan tes yang menggunakan logika dalam pengerjaannya.

Tes Intelegensi Umum (TIU) pada SKD CPNS 2017 merupakan tes dengan penilaian :
a) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
b) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
c) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuanmelakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
d) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2017
Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2017

Seleksi Kompetensi Dasar yang ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Adapun Tes Karakteristik Pribadi (TKP) meliputi :

a) Integritas diri;
b) Semangat berprestasi;
c) Kreativitas dan inovasi;
d) Orientasi pada pelayanan;
e) Orientasi kepada orang lain;
f) Kemampuan beradaptasi;
g) Kemampuan mengendalikan diri;
h) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
i) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
j) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan k) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Download Contoh Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) / TKD CPNS 2017

Bagi rekan-rekan yang sedang mencari contoh Soal TKD/SKD CPNS 2017, berikut ini kami bagikan soal-soal tersebut sebagai latihan sebelum menghadapi SKD/TKD CPNS :
  • Download Soal Latihan TKD/SKD CPNS 2017 – Tes Wawasan Kebangsanaan (TWK) – [Download File]
  • Download Soal Latihan TKD/SKD CPNS 2017 – Tes Intelegensi Umum (TIU) – [Download File]
  • Download Soal Latihan TKD/SKD CPNS 2017 – Tes Karakteristik Pribadi (TKP) – [Download File]

Download Soal Latihan TKD/SKD Khusus Tes Intelegensi Umum (TIU) Plus Pembahasan

  • Download Soal Latihan dan Pembahasan TKD / SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 1 [Download File]
  • Download Soal Latihan dan Pembahasan TKD / SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 2 [Download File]
  • Download Soal Latihan dan Pembahasan TKD / SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 3 [Download File]
  • Download Soal Latihan dan Pembahasan TKD / SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 4 [Download File]
  • Download Soal Latihan dan Pembahasan TKD / SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 5 [Download File]
  • Download Soal Latihan dan Pembahasan TKD / SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 6  [Download File]

Semoga  Contoh Soal SKD / TKD CPNS 2017 (Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi) yang kami bagikan di atas dapat digunakan sebagai referensi dalam persiapan tes CPNS 2017. Terima kasih.

Pendaftaran CPNS SMA/SMK 2017 !! Berikut Daftar Instansi CPNS Periode 2 Untuk Lulusan SMA/SMK

Rekan-rekan sekalian, Pendaftaran CPNS untuk formasi 2017 sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus lalu. Pada Agustus lalu (CPNS Periode 1), telah dibuka pendaftaran CPNS untuk formasi Kemenkumham dan MA. Di awal rekrutmen Periode 1 tersebut mengalami lonjakan pelamar yang amat besar karena memang, di Pemerintahan Presiden Jokowi telah memberikan pernyataan tidak akan ada Perekrutan CPNS.

Bagi rekan-rekan yang belum mendaftar atau gagal dalam CPNS Periode 1, dapat mengikuti CPNS 2017 Periode 2. Dalam perekrutan CPNS 2017 Periode 2 ini banyak Kementerian dan Lembaga yang membuka lowongan CPNS bagi seluruh rakyat Indonesia dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk periode 2 pendaftaran dimulai tanggal 11-25 September 2017

Banyak calon Pelamar yang pesimis ketika melihat formasi CPNS yang ada. Kenapa? Karena pada dasarnya formasi yang dibutuhkan ditujukan bagi mereka yang memiliki kualifikasi minial D3. Bagaimana nasib bagi mereka yang hanya memiliki ijazah SMA? Tidak perlu khawatir, karena kami telah merangkum formasi CPNS SMA 2017 yang dapat Anda coba.

Baca : Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2017

Berikut ini adalah Pendaftaran CPNS SMA/SMK 2017


Kementerian Perhubungan:

1. Mualim Kapal 14 orang
2. Teknisi Mesin 17 orang
3. Masinis Kapal 11 orang
4. Oiler 8 orang
5. Rescuer Pemula 11 orang
6. Juru Mudi 8 orang
7. Kelasi 10 orang
8. Pengawas Keselamatan Pelayaran Pemula 16 orang
9. Operator Radio 8 orang
10. Penjaga Mercusuar 3 orang
11. Petugas Keamanan Penerbangan (ACSEC) 39 orang
12. Instruktur Pemula 3 orang
>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Kementerian Kelautan dan Perikanan:
1. Kelasi Kapal Pengawas 11 orang
2. Oiler 8 orang

>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Kementerian Sosial:
1. Pekerja Sosial Pemula 20 orang

 1. Pengamat Gunung Api Pemula 11 orang
>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Kejaksaan Agung:
1. Pengawas Tahanan/Narapidana 100 orang

>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Badan Narkotika Nasional (BNN):
1. Pelatih/Pawang Hewan (Anjing Pelacak) 100 orang

>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Badan Kemanan Laut (Bakamla):
1. Juru Motor
2. Markonis
3. Juru Mudi
4. Kelasi
5. Juru Mesin
6. Oiler
7. Juru Minyak
8. Bosun
9. Serang
10. Jenang Kapal
11. Kerani

>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Badan SAR Nasional:

1. Rescuer Pemula 110 orang
2. Masinis Kelas II 3 orang
3. Masinis Kelas III 1 orang
4. Markonis Kelas II 5 orang
5. Markonis kelas III 1 orang
6. Serng/Bosun kelas II 3 orang
7. Jenang/Kelasi Kapal kelasII 7 orang
8. Juru Mudi kelas II 9 orang
9. Juru Mudi kelas III 2 orang
10. Teknik Listrik kelas II 1 orang
11. Juru Masak kelas II 2 orang
12. Juru Minyak kelas III 2 orang
13. Mualim kelas II 2 orang
14. Mualim kelas III 1 orang
15. Kepala Kamar Mesin kelas III 1 orang
>> Download Formasi dan Pendaftaran Lengkap Disini

Ini Dia Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2017

Bagi Anda pelamar CPNS 2017 tentunya masih semangat-semangatnya dalam mencari informasi ataupun mengakses web BKN untuk proses registrasi.  Saya do’akan semoga mampu bersaing di kancah perekrutan CPNS 2017 ini, hehe. Namun, perlu Anda ketahui juga mengenai nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017.
Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017 ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2017. 

Apa itu nilai nilai ambang batas tes kompetensi dasar seleksi CPNS? Ini adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Baca : Pendaftaran CPNS SMA/SMK Tahun 2017

Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2017


Dalam Permenpan RP Nomor 22 Tahun 2017 pasal 2 disebutkan bahwa seleksi Kompetensi Dasar CPNS meliputi :
1. Tes Karakteristik Pribadi
2. Tes Intelegensia Umum
3. Tes Wawasan Kebangsaan

Kemudian mengenai nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi CPNS yang tertuang dalam Permenpan RB adalah sebagia berikut (Pasal 3 Permenpan Nomor 22 Tahun 2017)  :
1. 143 (seratus empat puluh tiga) untuk tes Karakteristik Pribadi
2. 80 (depalan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum
3. 75 (Tujuh Puluh Lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan

Khusus untuk pelamar berikut ada ketentuan khusus, yakni pada pasal 4, berbunyi :
Ketentuan sebagaimana dalam pasal 3 tidak berlaku bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi :
a. Cumlaude/dengan pujian
b. Penyandang Disabilitas
c. Putra-putri Papura/Papua Barat tidak termasuk untuk jabatan calon hakim

Agar lebih paham mengenai Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2017, silahkan download melalui link berikut :

>> Download Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2017.pdf

Penerimaan CPNS Kementerian Kesehatan 2017, Pendaftaran Online Hingga 26 September

Kementerian Kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara  dan  Reformasi  Birokrasi  Nomor  69  Tanggal  31  Agustus  2017  tentang  Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2017 di lingkungan Kementerian  Kesehatan, membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti  seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Kesehatan Tahun 2017 yang  akan ditugaskan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kementerian Kesehatan di  seluruh Indonesia.
PENDAFTARAN : http://sscn.bkn.go.id
TATA CARA PENDAFTARAN
1)  Pelamar terlebih dahulu melihat pengumuman dan alokasi formasi  CPNS  Kementerian  Kesehatan  Tahun  2017  yang  tersedia  melalui  portal PANSELNAS (https://sscn.bkn.go.id) dan website Kementerian  Kesehatan  (https://cpns.kemkes.go.id)  mulai  tanggal  5  s.d  19  September 2017;
2)  Pendaftaran  dilakukan  secara  online  melalui  portal  PANSELNAS  (https://sscn.bkn.go.id)  dengan  memasukkan  NIK  (Nomor  Induk  Kependudukan), NIK Kepala Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga
untuk mendapatkan akun calon peserta seleksi, dilanjutkan dengan  pendaftaran sesuai jenis formasi (umum,
Cum Laude /lulusan terbaik, 15  disabilitas dan putra-putri Papua/Papua Barat dan pengisian biodata  serta pilihan instansi Kementerian Kesehatan mulai tanggal 11 s.d 25  September 2017;
3)  Peserta tidak dapat melakukan perubahan terhadap jenis formasi dan  instansi yang dipilih;
4)  Setelah   proses   pendaftaran   di   portal   PANSELNAS  (https://sscn.bkn.go.id)   berhasil   dilakukan,   pelamar   akan  mendapatkan  username  dan  password  untuk  login  ke  website  Kementerian  Kesehatan  (https://cpns.kemkes.go.id)  dan  langsung  melakukan  pendaftaran  online  lanjutan  mulai  tanggal  12  s.d  26  September  2017  (setelah  1  x  24  jam  sejak  pendaftaran  di  portal
PANSELNAS (https://sscn.bkn.go.id).
5. Pelamar melanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi data yang  dibutuhkan  sesuai  dokumen  yang  dimiliki  dengan  memperhatikan  petunjuk pengisian secara cermat dan hati-hati. Kesalahan pengisian  yang tidak sesuai dengan dokumen pendukung dapat mengakibatkan  ketidaklulusan seleksi administrasi;
6)  Pelamar  hanya  dapat  memilih  1  (satu)  formasi  jabatan  sesuai  kualifikasi pendidikan;
7)  Pelamar tidak dapat mengubah pilihan peminatan yang sudah dipilih  pada saat pendaftaran;
8)  Pelamar dapat memilih lokasi ujian yang paling dekat dengan domisili  pelamar;
9)  Pelamar  mencetak  formulir  pendaftaran  online minimal  2  (dua)  lembar, dan menempel 1 (satu) lembar pas foto terbaru berukuran 4×6  cm berwarna serta menandatangani formulir pendaftaran tersebut.INFO LEBIH LANJUT DOWNLOAD PENGUMUMAN PENDAFTARAN DISINI

Berikut Portal Resmi Pendaftaran CPNS 61 Kementerian dan Lembaga September 2017

Bagi yang belum mengikuti seleksi CPNS di bulan Agustus kemarin tidak perlu risau, pasalnya mulai hari ini Pemerintah telah membuka formasi CPNS untuk 61 Kementerian dan Lembaga.

Setelah pembukaan lowongan CPNS di dua instansi Agustus lalu, kini pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua di 60 (enam puluh) Kementerian/Lembaga dan 1 (satu) Pemerintah Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.

Khusus untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, ujar Menteri, pertimbangannya karena daerah itu merupakan provinsi pemekaran yang masih sangat kekurangan pegawai. “Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak lima ratus, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga, sebanyak 17.428,” ujarnya di Jakarta, Selasa (05/09).

Dijelaskan, formasi untuk Kementerian/Lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.

Seperti pendaftaran sebelumnya, calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. “Bagi pelamar yang sudah mendaftar pada penerimaan putaran pertama (Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung) diperbolehkan mendaftar kembali dengan menggunakan account SSCN yang telah dibuat sebelumnya,” tegas  Asman.

Menteri menambahkan, apabila terdapat pendaftar pada penerimaan putaran pertama sudah dinyatakan lulus/final diminta untuk tidak mendaftar lagi pada penerimaan putaran kedua.

Diingatkan, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya. Informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai hari ini, Selasa tanggal 5 September 2017 pukul 23.00 WIB di Situs Kementerian PANRB  www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.

Menteri kembali menegaskan agar masyarakat/calon pelamar termasuk orang tua pelamar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak-pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya. “Waspadai adanya penipuan. Jangan terkecoh dengan iming-iming oknum yang mengaku bisa membantu. Tidak ada orang yang bisa membantu meluluskan CPNS,” tegas Asman.

Untuk Informasi Pendaftaran, Persyaratan dan Ketentuan lain setiap Kementerian/Lembaga, silahkan download di masing-masing link berikut :
1. Download Pengumuman CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan
2. Download Pengumuman CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
3. Download Pengumuman CPNS Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
4. Download Pengumuman CPNS Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
5. Download Pengumuman CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
6. Download Pengumuman CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara
7. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
8. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
9. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pemuda Olahraga
10. Download Pengumuman CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
11. Download Pengumuman CPNS Kementerian Luar Negeri
12. Download Pengumuman CPNS Kementerian Keuangan
13. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pertanian
14. Download Pengumuman CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
15. Download Pengumuman CPNS Kementerian Perhubungan
16. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
17. Download Pengumuman CPNSKementerian Kesehatan
18. Download Pengumuman CPNS Kementerian Agama
19. Download Pengumuman CPNS Kementerian Ketenagakerjaan
20. Download Pengumuman CPNS Kementerian Sosial
21. Download Pengumuman CPNSKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
22. Download Pengumuman CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan
23. Download Pengumuman CPNS Kementerian Perdagangan
24. Download Pengumuman CPNS Kementerian Perindustrian
25. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat
26. Download Pengumuman CPNS Kementerian Pariwisata
27. Download Pengumuman CPNS Kejaksaan Agung
28. Download Pengumuman CPNS Badan Intelijen Negara
29. Download Pengumuman CPNS Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat
30. Download Pengumuman CPNS Badan Pemeriksa Keuangan
31. Download Pengumuman CPNS Lembaga Sandi Negara
32. Download Pengumuman CPNS Badan Kepegawaian Negara
33. Download Pengumuman CPNS Lembaga Administrasi Negara
34. Download Pengumuman CPNS Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
35. Download Pengumuman CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
36. Download Pengumuman CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional
37. Download Pengumuman CPNS Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas
38. Download Pengumuman CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia
39. Download Pengumuman CPNS Badan Informasi Geospasial
40. Download Pengumuman CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional
41. Download Pengumuman CPNS Badan Koordinasi Penanaman Modal
42. Download Pengumuman CPNS Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
43. Download Pengumuman CPNS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
44. Download Pengumuman CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
45. Download Pengumuman CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir
46. Download Pengumuman CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan
47. Download Pengumuman CPNS Kepolisian Negara RI
48. Download Pengumuman CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
49. Download Pengumuman CPNS Badan Narkotika Nasional
50. Download Pengumuman CPNS Mahkamah Konstitusi
51. Download Pengumuman CPNS Komisi Yudisial
52. Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI
53. Download Pengumuman CPNS Badan Keamanan Laut
54. Download Pengumuman CPNS Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS)
55. Download Pengumuman CPNS Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
56. Download Pengumuman CPNS Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan
57. Download Pengumuman CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
58. Download Pengumuman CPNS Badan Ekonomi KreatifSUMBER : MENPAN

Pengumuman !! Pendaftaran Online CPNS 2017 Kemenkumham dan MA Resmi Ditutup.. Berikut Tahapan Selanjutnya

Melalui halaman resmi, BKN mempostingan pengumuman penutupan Registrasi Online CPNS untuk formasi Kemenkumham dan MA di tahun 2017 ini. Adapun tahapan selanjutnya yakni seleksi administrasi dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN ang dijadwalkan akan berlangsung pada September 2017 mendatang dan dilanjutkan dengan tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

 

 
Berikut pengumuman resmi dari BKN :
Pada
tanggal 31 Agustus 2017 seluruh rangkaian pendaftaran online CPNS 2017
untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah
Agung (MA) resmi ditutup. Pendaftaran untuk formasi SLTA dan D3
Kemenkumham dan formasi S1 MA telah ditutup pada tanggal 26 Agustus
kemarin dan untuk formasi S1 Kemenkumham ditutup pada tanggal 31 Agustus
2017. Dengan demikian seluruh rangkaian pendaftaran CPNS 2017 untuk
kedua institusi tersebut resmi ditutup pada tanggal 31 Agustus 2017.
Bersamaan
dengan pendaftaran online pada tanggal 1-31 Agustus 2017, Kemenkumham
dan MA juga melakukan pemeriksaan berkas pada tanggal 2-31 Agustus
sebagai rangkaian dari seleksi administrasi yang akan diumumkan pada
tanggal 5 September 2017. Pengumuman seleksi administrasi dapat dilihat
di cpns.kemenkumham.go.id, www.mahkamahagung.go.id, dan www.bkn.go.id.
Usai pengumuman seleksi administrasi diterbitkan, tahapan selanjutnya
adalah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN yang
dijadwalkan akan berlangsung pada September 2017 mendatang dan
dilanjutkan dengan tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Sejak
pendaftaran online SSCN dibuka pada 1 Agustus 2017 antusias pelamar
terus mengalami peningkatan. Tercatat jumlah pelamar Kemenkumham dan MA
paling banyak berada di 3 (tiga) daerah di Indonesia, yakni Sumatera
Utara, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Menjelang penutupan pendaftaran
online pada hari ini, data SSCN BKN per 31 Agustus 2017 update jumlah
pelamar Kemenkumham dan MA sudah mencapai 1.137.731 pada pukul 13.34
WIB.
Perlu
disampaikan kembali bahwa penerimaan CPNS TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.
Jika ada oknum yang mengatasnamakan BKN atau Panitia Penerimaan CPNS dan
menawarkan bantuan, bisa dipastikan bahwa hal tersebut adalah tidak
benar.sumber : bkn

Penting !! Berikut Perubahan Tempat Pelaksanaan Seleksi CPNS Kemenkumham

Bapak/Ibu sekalian, berikut ini informasi penting terkait dengan pendaftaran CPNS 2017 untuk pelamar formasi Kementerian Hukum dan HAM RI kualifikasi Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana.Pengumuman ini berisi Perubahan Tempat Pelaksanaan Seleksi CPNS Untuk Tahun Anggaran 2017

Berdasarkan hasil rapat panitia seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Ham Tahun anggaran 2017 dengan mempertimbangkan jumlah pendaftar online kualifikasi Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana(S-I) melalui laman sscn.bkn.go.id, disampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD-CAT) dan seleksi kompetensi Bidang (SKB-CAT dan praktik komputer untuk kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana(S-I) semula dilaksanakan oleh panitia pusat di Jakarta diubah menjadi pelaksanaannya oleh panitia daerah di 33 (tiga puluh tiga) kantor wilayah kementerian hukum dan hak asasi manusia sesuai domisili wilayah propinsi pendaftar.2. Adapun tahapan SKB wawancara tetap akan dilaksanakan oleh panitia pusat di jakarta.

sumber : menpan.go.id