Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3 Telah Dirilis, Berikut Cara Update nya

Posted on

Infomasi baru datang dari aplikasi dapodikdas. Pasalnya aplikasi Dapodikdas versi terbaru, yaitu versi 4.0.3 telah dirilis oleh Tim pengembang Dapodik.  Dengan adanya update terbaru ini menandakan bahwa pendataan aplikasi dapodikdas versi 4.0.2 pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 akan berakhir 31 Desember besok.

Ini berarti setelah 31 Desember 2015 aplikasi dapodik yang belum diupdate ke versi 4.0.3 akan expired. Lantas bagaimana jika pendataan pada semester ganjil ini belum tuntas? Terlebih bagi sekolah yang belum melakukan sinkronisasi atau input data PTK/Sekolah?

Nah, pada sebuah status di grup Facebook Info Pendataan Dikdas menyebutkan bahwa masa pendataan dapodik di semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 diperpanjang selama 1 bulan.  Perpanjangan ini dapat dilakukan dengan melakukan update versi terbaru melalui dasbord dapodikdas. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa sebetulnya dapodik versi terbaru ini berguna untuk menyelesaikan data-data yang belum terinput di semester ganjil.

Untuk melakukan updating dapodikdas v.4.0.3 tidak perlu menggunakan patch seperti versi terdahulu. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa updating dilakukan melalui dasbord aplikasi dapodikdas yang terinstal di laptop. Bagaimana caranya? Berikut panduan singkatnya

Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3

Update Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3

1. Buka aplikasi dapodikdas, login menggunakan email dan password masing-masing sekolah
2. Klik menu Pengaturan, Klik tombol Pembaruan -lanjutkan, tunggu sampai proses pembaruan selesai

Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3

Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3
Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3

3. Jika setelah dimuat ulang versi masih belum berubah, silahkan klik tombol F5 pada keyboard, hasilnya akan seperti ini

Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3

Untuk yang terlanjut expired silahkan download updaternya melalui link berikut :
Updater Dapodikdas Versi 4.0.3

Sehingga dengan adanya updating ini masa kadaluarsa/expired yang rencananya akan berakhir 31 Desember 2015 kini diperpanjang hingga 31 Januari 2016.

Setelah berhasil diupdate, Operator agar mengisi data yang belum terisi atau melakukan edit data jika masih terjadi kesahalahan.

Demikian informasi terkait cara update Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3, silahkan share jika artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blogInfo Operator Sekolah

4 thoughts on “Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.3 Telah Dirilis, Berikut Cara Update nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.