Download Peraturan Pemerintah (PP) No. 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS

Kabar baik bagi Bapak/Ibu sekalian, karena Pemerintah telah menerbitkan eraturan Pemerintah (PP) No. 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS.

Adapun yang diatur di dalam PP 30 tahun 2019 antara lain Substansi Penilaian Kinerja PNS yang terdiri atas penilaian prilaku kerja dan penilaian Kinerja PNS, Pembobotan Nilai SKP, dan Prilaku Kerja PNS, Pejabat penilai dan Tim Penilai kinerja PNS, atta cara penilaian, tindak lanjut penilaian berupa pelaporan kinerja, pemeringkatan kinerja, penghargaan kinerja, dan sanksi serta keberatan dan sistem informasi kinerja PNS.

Download Peraturan Pemerintah (PP) No. 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS

Selengkapnya download Penilaian Kinerja PNS dalam PP nomor 30 tahun 2019 berikut ini : Download File pdf

Penilaian kinerja PNS dilaksanakan dalam suatu sistem manajemen kinerja PNS yang terdiri atas perencanaan kinerja, pelaksanaan, pemantauan kinerja, dan pembinaan kinerja. Selain itu ada juga penilaian kinerja, tindak lanjut dan Sistem Informasi Kinerja PNS. Perencanaan kinerja itu sendiri terdiri atas penyusunan dan penetapan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dengan memperhatikan Perilaku Kerja.

Proses penyusunan SKP sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, dilakukan dengan memperhatikan: a. perencanaan strategis Instansi Pemerintah; b. perjanjian kinerja; c. organisasi dan tata kerja; d. uraian jabatan; dan/atau e. SKP atasan langsung.

“SKP sebagaimana dimaksud memuat kinerja utama yang harus dicapai seorang PNS setiap tahun. Selain kinerja utama sebagaimana dimaksud, SKP dapat memuat kinerja tambahan,” bunyi Pasal 9 ayat (1,2) PP ini.

SKP bagi pejabat pimpinan tinggi, menurut PP ini, disusun berdasarkan perjanjian kinerja Unit Kerja yang dipimpinnya dengan memperhatikan rencana strategis dan rencana kerja tahunan. SKP bagi pejabat pimpinan tinggi utama, disetujui oleh menteri yang mengoordinasikan, SKP bagi pejabat pimpinan tinggi madya disetujui oleh pimpinan Instansi Pemerintah. Sedangkan SKP bagi pejabat pimpinan tinggi pratama disetujui oleh pejabat pimpinan tinggi madya.

SKP bagi pejabat pimpinan tinggi yang memimpin unit kerja paling sedikit mencantumkan indikator kinerja yang terkait dengan tugas dan fungsi serta kinerja penggunaan anggaran.

“SKP bagi pejabat pimpinan Unit Kerja mandiri sebagaimana dimaksud disetujui oleh menteri atau pejabat pimpinan tinggi yang mengoordinasikannya,” bunyi Pasal 16 ayat (1) PP ini.

Untuk SKP bagi pejabat administrasi, menurut PP ini, disetujui oleh atasan langsung. Adapun SKP bagi pejabat fungsional disusun berdasarkan SKP atasan langsung dan organisasi/unit kerja.

“Ketentuan penyusunan SKP sebagaimana dimaksud tidak berlaku bagi PNS yang diangkat menjadi Pejabat Negara atau pimpinan anggota lembaga non struktural, diberhentikan sementara, menjalani cuti di luar tanggungan negara, atau mengambil masa persiapan pensiun,” bunyi Pasal 23 PP ini.

PP ini menegaskan SKP yang telah disusun dan disepakati sebagaimana dimaksud ditandatangani oleh PNS dan ditetapkan oleh Pejabat Penilai Kinerja PNS, ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari.

Selanjutnya, penilaian SKP dilakukan dengan menggunakan hasil pengukuran kinerja yang dilakukan oleh Pejabat Penilai Kinerja PNS. Khusus pejabat fungsional, penilaian SKP dapat mempertimbangkan penilaian dari Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional.

“Penilaian SKP bagi PNS yang mengalami rotasi, mutasi, dan/atau penugasan lain terkait dengan tugas dan fungsi jabatan selama tahun berjalan dilakukan dengan menggunakan metode proporsional berdasarkan periode SKP pada unit-unit dimana PNS tersebut bekerja pada tahun berjalan,” bunyi Pasal 36 PP ini.

Untuk penilaian Perilaku Kerja, menurut PP ini, dilakukan dengan membandingkan standar Perilaku Kerja dalam jabatan sebagaimana dimaksud dengan Penilaian Perilaku Kerja dalam jabatan, dilakukan oleh Pejabat Penilai Kinerja PNS, dan dapat berdasarkan penilaian rekan kerja setingkat dan/atau bawahan langsung.

Penilaian kinerja PNS sebagaimana dimaksud dapat dilakukan dengan memberikan bobot masing-masing unsur penilaian, yaitu 70% untuk penilaian SKP, dan 30% untuk penilaian Perilaku Kerja; atau 60% untuk penilaian SKP, dan 40% untuk penilaian Perilaku Kerja. Penilaian Kinerja PNS dengan bobot 70% untuk penilaian SKP dan 30% untuk penilaian Perilaku Kerja sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, dilakukan oleh Instansi Pemerintah yang tidak menerapkan penilaian Perilaku Kerja dengan mempertimbangkan pendapat rekan kerja setingkat dan bawahan langsung.

Sedangkan Penilaian Kinerja PNS dengan bobot 60% (enam puluh persen) untuk penilaian SKP dan 40% (empat puluh persen) untuk penilaian Perilaku Kerja, menurut PP ini, dilakukan oleh Instansi Pemerintah yang menerapkan penilaian Perilaku Kerja dengan mempertimbangkan pendapat rekan kerja setingkat dan bawahan langsung.

Menurut PP ini, penilaian Kinerja PNS dinyatakan dengan angka dan sebutan atau predikat sebagai berikut:

  1. Sangat Baik, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 110- 120 dan menciptakan ide baru dan/atau cara baru dalam peningkatan kinerja yang memberi manfaat bagi organisasi atau negara
  2. Baik, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 90-120 dan cukup, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 70-90
  3. Kurang, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 50-70
    Sangat Kurang, apabila PNS memiliki nilai dengan angka < 50

PP ini juga menyebutkan, distribusi PNS yang mendapatkan predikat penilaian kinerja sebagaimana dimaksud dengan ketentuan, paling tinggi 20% dari total populasi pegawai dalam satu unit kerja berada pada klasifikasi status kinerja di atas ekspektasi. Kemudian paling rendah 60% dan paling tinggi 70% dari total populasi pegawai dalam satu unit kerja berada pada klasifikasi status kinerja sesuai ekspektasi dan paling tinggi 20% dari total populasi pegawai dalam satu unit kerja PNS berada pada klasifikasi status kinerja di bawah ekspektasi.

“Penilaian Kinerja PNS dilakukan pada setiap akhir bulan Desember pada tahun berjalan dan paling lama akhir bulan Januari tahun berikutnya,” bunyi Pasal 42 PP ini.

Ditegaskan dalam PP ini, dokumen penilaian kinerja PNS dilaporkan secara berjenjang oleh Pejabat Penilai Kinerja PNS kepada Tim Penilai Kinerja PNS dan PyB (Pejabat Yang Berwenang) paling lambat pada akhir bulan Februari tahun berikutnya.

PNS yang menunjukkan penilaian kinerja dengan predikat Sangat Baik berturut-turut selama 2 (dua) tahun, menurut PP ini, dapat diprioritaskan untuk diikutsertakan dalam program kelompok rencana suksesi (talent pool) pada instansi yang bersangkutan.

Sedangkan PNS yang menunjukkan penilaian kinerja dengan predikat Baik berturut-turut selama 2 (dua) tahun, menurut PP ini, dapat diprioritaskan untuk pengembangan kompetensi lebih lanjut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pejabat pimpinan tinggi, pejabat administrasi, dan pejabat fungsional yang tidak memenuhi Target kinerja dapat dikenakan sanksi administrasi sampai dengan pemberhentian,” bunyi Pasal 56 PP ini.

Ketentuan penilaian kinerja PNS dalam Peraturan Pemerintah ini dilaksanakan 2 (dua) tahun setelah diundangkan. Adapun Peraturan pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah ini harus ditetapkan paling lama 2 (dua) tahun sejak Peraturan Pemerintah ini diundangkan.

“Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 65 Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 29 April 2019.

Selengkapnya download Penilaian Kinerja PNS dalam PP nomor 30 tahun 2019 berikut ini : Download File pdf

sumber : finance.detik.com

Aplikasi Raport K13 SD 2017 Kelas 1, 2, 4, 5

Setiap tahun aplikasi raport kurikulum 2013 selalu berubah-ubah sesuai dengan revisi pada struktur kurikulum pada tahun berjalan. Di tahun 2017 ini khususnya semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 juga telah dirilis aplikasi raport K13 SD revisi tahun 2017. Postingan kali ini admin menyadur dari blog Kang Martho yang setiap tahun selalu mengupdate aplikasi raport kurikulum 2013, khususnya tingkat SD.

Aplikasi Raport K13 yang kami bagikan ini berformat excel yang ditujukan bagi kelas 1, 2, 4 dan 5 tingkat sekolah dasar. Apakah setiap tingkatan aplikasi raport yang digunakan berbeda? Kita simak pembahasan berikut ini !

Aplikasi Raport K13 SD 2017 Kelas 1, 2, 4, 5

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 1 dan 4



Link Download Aplikasi Raport K13 Kelas 1
Link Download Aplikasi Raport K13 Kelas 4

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada aplikasi ini antara lain :
1. Terdapat format KKM satuan pendidikan
2. Password untuk unprotect = Allah
3. Untuk nilai yang dimasukkan adalah nilai akhir dimana nilai ini merupakan hasil dari pengolahan nilai harian, nilai PTS dan PAS
5. Deskripsi, baik kompetensi dasar maupun kata awalan dalam menu deskripsi dapat diubah sesuai kebutuhan

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 2 dan 5

Link Download Aplikasi Raport K13 SD Kelas 2
Link Download Aplikasi Raport K13 SD Kelas 5

Pada aplikasi raport K13 Kelas 2 dan 5 ada beberapa hal yang perlu Anda pahami :
1. Untuk nilai yang diinput adalah nilai akhir, yakni hasil pengolahan dari beberapa hasil nilai seperti nilai ulangan harian, PTS (Penilaian Tengah Semester) dan Penilaian Akhir Semester (PAS)
2. Kompetensi Dasar (KD) yang tidak sesuai dengan aplikasid apa diubah sesuai dengan kebutuhan
3. Untuk KKM yang diinput merupakan nilai KKM Satuan Pendidikan, yakni nilai KKM terendah dari semua nilai KKM yang ada dalam suatu lembaga sekolah
4. Selanjutnya do dalam deskripsi raport terdapat nama siswa dan nomor halaman untuk memudahkan dalam pengumpulan raport
5. Di setiap sheet terdapat password agar dapat digunakan untuk mengedit

Sekian share Aplikasi Raport K13 SD 2017 Kelas 1, 2, 4, 5, semoga bermanfaat.

Aplikasi Administrasi Guru Kurikulum 2013 Terbaru

Aplikasi Administrasi Guru Kurikulum 2013 Terbaru sangat disarankan untuk dimiliki oleh rekan-rekan sekalian guna mempermudah pengelolaan baik nilai maupun perangkat guru dalam implementasi kurikulum 2013. 
Apakah berbeda dengan Aplikasi yang sudah beredar di internet?
Nah, aplikasi ini lebih lengkap dan tentunya sudah dilakukan revisi-revisi dari pendahulunya,sehingga lebih sempurna. 
Jika bicara soal administrasi guru, tidak lepas dari sebuah proses perencanaan, perekaman serta evaluasi terhadap kinerja.
Pada aplikasi kurikulum 2013 terbaru ini memiliki beberapa perbedaan pada format nilai sikap (spiritual dan sosial), format nilai pengetahuan, dan format nilai ketrampilan.
Butuh referensi pembuatan RPP Kurikulum 2013 SD?

Aplikasi Administrasi Guru Kurikulum 2013

Ada 15 format penting yang terdapat pada aplikasi Aplikasi Administrasi Guru Kurikulum 2013 Terbaru ini, yakni :
1. Kalender Pendidikan
2. Jadwal Mengajar
3. Silabus
4. Penetapan Kriteria Ketuntasan Belajar
5. Program Semester
6. Program Tahunan
7. Rencana Pembelajaran
8. Absensi Siswa
9. Rekapitulasi Kehadiran Siswa
10. Agenda Kegiatan Pembelajaran
11. Form Penilaian
– Penilaian Komponen Pengetahuan
– Penilaian Komponen Ketrampilan/Praktik
– Penilaian Komponen Sikap
12. Deskripsi Pembelajaran
13. Analisis ketuntasan
14. Nilai raport mata pelajaran
15. Daya serap siswa dan daya serap kurikulum

Anda guru Kelas 4 SD?
Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017

 

Download Aplikasi Administrasi Guru Kurikulum 2013

Cara penggunaan Aplikasi :
1. Isikan data utama terlebih dahulu
2. Untuk penilaian KI.1 ,KI 2. KI.3 dan KI.4 adalah 1 bagian yang saling berhubungan
3. Absensi siswa akan otomatis, akan tetapi silahkan isi terlebih dahulu

Demikian, semoga informasi yang kami bagikan mengenai Aplikasi Administrasi Guru Kurikulum 2013 Terbaru berformat excel ini dapat digunakan oleh sebaik-baiknya oleh rekan-rekan sekalian sehingga dapat membantu dalam proses administrasi kelas.

Contoh SK Pembagian Tugas Mengajar Guru Tahun Pelajaran 2017/2018

Contoh SK Pembagian Tugas Mengajar Guru Tahun Pelajaran 2017/2018 – Setiap awal semester Kepala Sekolah melalui Operator membuat Surat Keputusan (SK) Pembagian Tugas Mengajar serta Tugas Tambahan sebagai acuan dalam proses KBM selama 1 semester kedepan.  SK ini sering dilampirkan dalam berbagai hal, misalnya saja sebagai salah satu syarat pencairan Sertifikasi Guru atau persyaratan lainnya
Dalam SK versi ini menampilkan  jumlah siswa pada setiap rombongan belajar (rombel), sehingga data lebih detail. SK Pembagian Tugas Mengajar dan Tugas Tambahan Guru untuk SD ini telah menggunakan Permeneg PAN no 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya sebagai dasar hukum. Ini menggantikan dasar hukum yang lama, yaitu SK MENDIKBUD dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993 dan Nomor 25 Tahun 1993 tentang Angka Kredit Jabatan Guru.

Contoh SK Pembagian Tugas Mengajar Guru Tahun Pelajaran 2017/2018

Download Contoh SK Pembagian Tugas Mengajar Guru.doc

Silahkan download SK Pembagian Tugas Mengajar Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui link di bawah ini, dan jika ingin mengedit kolom-kolomnya kami persilahkan.

>>Download SK Pembagian Tugas Mengajar Guru<<

Download Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Untuk SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018

Download Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Untuk SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018 – Di tahun pelajaran 2017/2018 ini kami bagikan aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk jenjang SD/MI, guna memenuhi kebutuhan perangkat evaluasi sekolah. Format EDS ini berupa excel sehingga mudah untuk digunakan. Tentunya berbeda pula dengan versi-versi sebelumnya, karena adanya penambahan berbagai fitur. 
Download Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Untuk SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018

Perlu
diketahui juga bahwa Aplikasi EDS Tahun Pelajaran 2017/2018 ini adalah
isian backup BAP-S/M yang sudah dientri dalam SISPENA. Kenapa demikian?
karena untuk proses akreditasi tahun 2017 dilakukan secara manual dan
online. Proses online dalam pelaksanaan akreditasi sekolah dilakukan
saat pengisian evalusi diri sekolah atau EDS yang dilakukan oleh pihak
sekolah dan saat pengisian nilai hasil visitasi oleh team asesor.

Fitur yang disediakan antara lain :
1. Cetak
Cetak Standar Isi
Cetak Standar Proses
Cetak SKL
cetak Standar PTK
Cetak Standar SAPRAS
Cetak Standar Pengelolaan
Cetak Standar Pembiayaan
Cetak Standar Penilian
2. Cover EDS
3. Format B Laporan Evalusi Diri Sekolah
4. Format C – Rekapitulasi Nilai Evaluasi Diri
5. Format Surat Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah

Download Aplikasi EDS Untuk SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018 di sini

 Download Aplikasi Pendukung lainnya :

Buku Panduan Ramadhan Untuk Anak (Ramadhan For Kids)

Ramadhan for Kids merupakan panduan bagi orang tua untuk mendampingi anak mengisi waktu di bulan suci. Planner ini ditujukan untuk anak usia sekolah (6-7 tahun ke atas) meski tetap dapat digunakan untuk semua usia dengan penyesuaian materi dan pendekatan.
Buku Panduan Ramadhan Untuk Anak (Ramadhan For Kids)
Buku Panduan Ramadhan ini berisi :
a. Tips bagi orang tua
Tips bagi orang tua dalam mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan
b. Penanda Harian
Untuk anak pra-sekolah, orang tua bisa mengajak untuk menandai tanggal Ramadhan (poster dapat dicetak dengan ukuran A2)
c. Checklist aktifitas
Motivasi anak untuk melakukan ibadah selama Ramadhan melalui Checklist Ibadah “Ramadhan Ceriaku” (ada dua versi siap cetak dengan ukuran A2)
d. Silabus Topik harian
Belajar/diskusi bersama anak dengan topik pilihan setiap harinya selama Ramadhan
e. Quality time
Isi Quality time bersama anak dengan pilihan aktifitas spesial di bulan Ramadhan
Download Buku Panduan Ramadhan Untuk Anak (Ramadhan For Kids) di sini :

— >> DOWNLOAD BUKU PANDUAN RAMADHAN UNTUK ANAK

Materi MOS Edukatif Untuk SMP SMA Tahun Pelajaran 2017/2018

Materi MOS Edukatif Untuk SMP SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 – MOS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan yang ditujukan bagi
siswa baru siswa SMP dan SMA.  Pengenalan yang dimaksud adalah pengenalan terhadap visi
misi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, admin akan share mengenai Materi MOS Edukatif Untuk SMP SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dapat diunduh secara gratis. 
Materi MOS Edukatif Untuk SMP SMA Tahun Pelajaran 2017/2018

Materi MOS Edukatif Untuk SMP SMA


Adapun tujuan kegiatan MOS, yakni :
1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki
2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.


Download Materi MOS Edukatif Untuk SMP SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 di sini :

Download 47 Aplikasi Administrasi Sekolah Format Excel Super Lengkap

Download 47 Aplikasi Administrasi Sekolah Format Excel Super Lengkap – Dalam dunia pendidikan sekarang ini tidaklah asing dengan berbagai administrasi yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran maupun pemenuhan administrasi. Kumpulan aplikasi administrasi sekolah excel ini merupakan rangkuman dari file-file yang telah kami share sebelumnya, namun agar lebih mudah kami gabung menjadi satu tempat. 
Download 47 Aplikasi Administrasi Sekolah Format Excel Super Lengkap

Download Kumpulan Aplikasi Administrasi Sekolah 

Selengkapnya silahkan Download 47 Aplikasi Administrasi Sekolah Format Excel Super Lengkap melalui link di bawah ini :
Demikian, semoga 47 Aplikasi Administrasi Sekolah Format Excel Super Lengkap ini bermanfaat untuk pemenuhan administrasi sekolah.
Pencarian terkait :
aplikasi administrasi sekolah excel, aplikasi sekolah gratis full, download sistem aplikasi administrasi sekolah, download aplikasi sekolah gratis, aplikasi administrasi sekolah dasar, aplikasi administrasi sekolah smp, aplikasi administrasi sekolah berbasis web, aplikasi sekolah dengan excel

Aplikasi Perangkat Administrasi SD Kelas 1 2 3 4 5 6 TP 2017/2018

Aplikasi Perangkat Administrasi SD Kelas 1 2 3 4 5 6 TP 2017/2018Format administrasi guru kelas SD Lengkap ini bisa jadi menjadi salah satu alternatif rekan-rekan dalam memenuhi administrasi guru yang sudah menjadi tanggungjawabnya. Administrasi guru kelas SD/MI ini berbasis excel yang mudah digunakan oleh siapa saja, baik guru yang mengampu kurikulum 2013 maupun KTSP. Diharapkan aplikasi administrasi guru dengan excel ini memudahkan rekan-rekan dalam menjalankan tugasnya sebagai guru.
Aplikasi Perangkat Administrasi SD Kelas 1 2 3 4 5 6 TP 2017/2018

Aplikasi Perangkat Administrasi SD

Aplikasi administrasi guru kelas SD KTSP dan aplikasi administrasi guru kelas SD kurikulum 2013 ini secara umum mudah dioperasikan karena menu yang tersedia cukup sederhana, namun output dari aplikasi sudah cukup bagus. 
Adapun menu yang tersedia, yakni :

1. Daftar 1
2. Keadaan Guru
3. Data Kelas 1
4. Data Kelas 2
5. Data Kelas 3
6. Data Kelas 4
7. Data Kelas 5
8. Data Kelas 6
9. Mutasi Masuk
10 Mutasi Keluar
11. Chohort
12. DUK
13. Keterangan

 

Aplikasi Perangkat Administrasi SD Kelas 1 2 3 4 5 6 TP 2017/2018

Selengkapnya silahkan download Aplikasi Perangkat Administrasi SD Kelas 1 2 3 4 5 6 TP 2017/2018 melalui link di bawah ini :

Download administrasi lainnya :

Download Perangkat Administrasi Guru Mengajar Lengkap

Download Perangkat Administrasi Guru Mengajar Lengkap – Perangkat guru mengajar yang tergabung dalam kumpulan Perangkat Administrasi Guru Mengajar Lengkap ini sengaja Kami share untuk membantu rekan-rekan dalam menunjang proses belajar mengajar di kelas. Ini merupakan perangkat administrasi guru profesional dimana file-file ini umumnya dimiliki oleh mere guru-guru yang profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. Selain untuk SD, perangkat ini juga digunakan sebagai perangkat administrasi guru SMP, SMA/SMK sebagai acuan dalam pemenuhan administrasi kelas.

Download Perangkat Administrasi Guru Mengajar Lengkap

Perangkat Administrasi Guru

Aplikasi administrasi guru mata pelajaran ataupun guru kelas seyogyanya dimiliki oleh guru untuk menunjang proses pembelajaran. Adapun pemenuhan perangkat administrasi ini merupakan tuntutan seorang guru dalam mengajar.

Download Perangkat Administrasi Guru Mengajar Lengkap

Selengkapnya Download Perangkat Administrasi Guru Mengajar Lengkap di sini :

Download juga :