4 Alasan Kenapa NISN Wajib Dimiliki Setiap Siswa

Posted on
Alasan Kenapa NISN Wajib Dimiliki Setiap Siswa – NISN merupakan Nomor Induk Siswa Nasional yang wajib dimiliki oleh setiap Siswa. Kenapa? Karena jika dilihat dari segi manfaatnya NISN amatlah penting baik siswa yang mengenyam pendidikan formal maupun non formal, sehingga NISN wajib dimiliki setiap siswa. Namun, untuk pendidikan non formal sendiri pemberian NISN sedikit terhambat karena berbagai hal.

Perlu diketahui bahwa NISN ini berskala nasional. Maksudnya pendataan ini digunakan untuk memberikan kode kepada siswa siswi di seluruh Indonesia, baik di kota maupun pelosok negeri.

Alasan Kenapa NISN Wajib Dimiliki Setiap Siswa

Alasan yang pertama adalah ketika siswa akan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, misal dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMA tentu harus melampirkan NISN siswa sebagai persyaratannya. Dan NISN dari setiap jenjang setidaknya harus sama. Jadi bisa dikatakan bahwa NISN merupakan sebuah nomor yang kegunaannya hampir sama dengan KTP, yakni sebagai identitas siswa selama menjadi peserta didik di suatu sekolah. 
4 Alasan Kenapa NISN Wajib Dimiliki Setiap Siswa
4 Alasan Kenapa NISN Wajib Dimiliki Setiap Siswa

Alasan yang kedua adalah karena NISN merupakan nomor tetap yang dapat digunakan seumur hidup. Artinya dengan seseorang memiliki NISN, maka orang tersebut tidak perlu mengganti nomor induk setiap kali ingin meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Satu NISN ini akan berlaku untuk satu siswa hingga siswa tersebut telah menyelesaikan pendidikannya.

Selanjutnya alasan yang ketiga adalah NISN dapat digunakan untuk melihat perkembangan siswa. Dari NISN ini kita dapat mengetahui prosentase mutasi dan kelulusan tahun berapa. Disamping itu melalui NISN kita dapat mengetahui siapa saja yang mengalami putus sekolah. Selain itu kita bisa mengetahui apakah seseorang tersebut lulusan SD, SMP atau SMA.

Dan yang keempat, NISN dapat digunakan untuk mempermudah seseorang yang bersekolah non formal dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi misalkan saja perguruan tinggi. Tak hanya sekolah Formal saja yang membutuhkan NISN. Namun sekolah non formal ini juga sangat membutuhkan NISN guna untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca juga : Aplikasi Cetak NISN Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.